Pelatihan Leadership Online Murah Bisa Diikuti dari Seluruh Indonesia

Pelatihan Leadership Online Murah Bisa Diikuti dari Seluruh Indonesia Artikel

Pelatihan Leadership Online Murah Bisa Diikuti dari Seluruh Indonesia

  • By Armen
  • Posted on 15 Februari 2024

Apa itu leadership atau kepemimpinan perlu dipahami setiap orang. Pasalnya, setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin. Setiap pemimpin tentunya memiliki pendekatan yang berbeda-beda dalam memimpin sebuah tim.

Perbedaan cara memimpin ini dipengaruhi oleh karakter orang tersebut. Perbedaan karakter dari seseorang dengan orang lain tentunya memberikan nilai tersendiri bagi leadership atau gaya kepemimpinannya. Karakter inilah yang membuat tiap orang unik dan memiliki nilai yang beda.

Pengertian Leadership

Leadership dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai sifat kepemimpinan. Skill ini selalu dibutuhkan dalam organisasi dan perusahaan. Leadership merupakan suatu skill yang tak banyak dimiliki orang. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai leadership.

Dalam buku Menuju Keberhasilan, Manajemen dan Kepemimpinan oleh Hamzah Zakub, leadership dihubungkan dengan mengkoordinasi orang-orang yang terlibat dalam usaha bersama.

Sementara menurut Nasharuddin Baidan dan Erwati Aziz pada buku Etika Islam dalam Berbisnis, leadership diartikan sebagai bagian dari fungsi manajemen yang menduduki posisi strategis dalam sistem dan tanggung jawab pada sebuah organisasi.

Pentingnya Leadership

Leadership merupakan bagian penting dari manajemen yang membantu mencapai tujuan. Mengutip managementstudyguide.com, apa itu leadership memiliki peran sebagai berikut:

- Memulai inisiasi. Pemimpin adalah orang yang memulai pekerjaan dengan mengkomunikasikan kebijakan dan rencana kepada bawahan dari mana pekerjaan sebenarnya dimulai.

- Memberikan bimbingan. Seorang pemimpin tidak hanya mengawasi tetapi juga memainkan peran untuk membimbing bawahannya. Bimbingan di sini berarti menginstruksikan pada bawahan bagaimana cara mereka harus melakukan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien.

- Menciptakan kepercayaan. Percaya diri merupakan faktor penting yang dapat dicapai melalui apresiasi upaya kerja bawahan, menjelaskan peran mereka dengan jelas dan memberi mereka pedoman untuk mencapai tujuan secara efektif.

- Membangun moral. Moral menunjukkan kesediaan karyawan terhadap pekerjaan mereka dan membuat mereka percaya diri sekaligus untuk memenangkan kepercayaan mereka. Seorang pemimpin dapat menjadi pendorong moral dengan mencapai kerjasama penuh sehingga mereka tampil dengan kemampuan terbaik saat bekerja.

- Membangun lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang efisien membantu pertumbuhan yang sehat dan stabil. Oleh karena itu, hubungan antarmanusia harus diperhatikan oleh seorang pemimpin. Ia harus memiliki kontak pribadi dengan karyawan dan harus mendengarkan masalah mereka dan membantu menyelesaikannya. Ia harus memperlakukan karyawan dengan istilah kemanusiaan.

- Koordinasi. Koordinasi dapat dicapai melalui rekonsiliasi kepentingan pribadi dengan tujuan organisasi. Sinkronisasi ini dapat dicapai melalui koordinasi yang tepat dan efektif yang seharusnya menjadi motif utama seorang pemimpin.

Jenis-jenis Leadership

1. Demokratis

Dalam leadership demokratis, para leader membuat atau menolak keputusan secara berdasarkan pendapat dari anggota tim. Pendapat setiap orang dianggap penting. Ini merupakan salah satu jenis leadership yang paling efektif karena memungkinkan orang lain untuk berpendapat.

2. Otokratis

Berlawanan dengan leadership demokratis, pendapat orang lain tidak dipertimbangkan. Pemimpin dengan gaya ini mengharapkan orang lain untuk mematuhi keputusan yang diambil. Jenis leadership ini sulit untuk membina hubungan tim dengan harmonis.

3. Laissez-faire

Laissez-faire berarti "biarkan mereka melakukannya". Gaya ini adalah yang paling tidak mengganggu dan leader memastikan bahwa otoritas terletak pada anggota. Sementara gaya kepemimpinan ini dapat memberdayakan, itu juga dapat membatasi pengembangan, oleh karena itu, harus tetap terkendali.

4. Strategis

Leadership strategis bertindak sebagai jembatan antara tim senior dan junior. Leader yang mengadopsi jenis ini memastikan bahwa kondisi kerja untuk tim tetap stabil ketika keputusan dibuat.

5. Leadership Melatih

Leadership ini berfokus pada pertumbuhan yang lebih besar sambil mendorong anggota tim untuk fokus pada kekuatan dan bakat mereka. Meskipun ini mirip dengan gaya kepemimpinan demokratis, fokus di sini lebih pada tiap individu para anggota.

Cara Menumbuhkan Skill Leadership

Dilansir dari jurnal bertajuk Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Pamulang Syarifah Ida Farida dan Septi Rostika Anjani, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memupuk jiwa kepemimpinan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Mencari Pengetahuan

Rajinlah membaca dan kenalilah cara belajar diri sendiri yang efektif. Sebab seorang leader membutuhkan pondasi teori agar memiliki pengetahuan yang luas dan mampu memberi solusi dalam banyak hal

2. Keluar dari Zona Nyaman

Kahlil Gibran mengatakan, "Kita semua terpenjara. Yang membedakan kita adalah sebagian tinggal dalam sel-sel berjendela dan yang lainnya tak berjendela". Leader adalah orang yang berani menghadapi perbedaan dan perubahan, ia harus mau mencari sesuatu yang baru.

3. Disiplin

Leader bekerja dengan disiplin dan dimulai dari diri sendiri. Setiap waktu yang berjalan, sangat berarti untuk masa depan. Maka kita harus disiplin dalam bekerja dan mengatur waktu.

4. Bekerja dengan Prioritas

Biasakan diri untuk mendahulukan hal-hal yang utama. Kalau seseorang terlalu sibuk dengan segala hal dan menganggap semua urusan itu penting, maka itu pertanda bahwa orang itu belum bekerja dengan prioritas.

5. Biasakan Berpikir Cepat

Berpikirlah cepat dalam mengambil keputusan. Saat dihadapkan dengan suatu proyek, pertimbangkan jika bisa dikerjakan, maka segera diselesaikan. Namun jika tidak bisa, segeralah mendelegasikan seseorang. Jangan ditunda agar tak menjadi masalah dikemudian hari.

6. Mengikuti Pelatihan Leadership di Solutiva Academy

Mengikuti Leadership Training online di Solutiva Academy juga termasuk salah satu cara untuk menumbuhkan leadership.

Untuk mengikuti pelatihan ini silahkan daftar: Leadership Training, Batch 1 akan diadakan pada 16 Maret 2024.

Pelatihan Leadership Online murah ini bisa diikuti oleh semua orang dari Sabang sampai Merauke melalui Zoom Meeting, jadi jarak yang jauh tidak jadi penghalang untuk mengikutinya.

Diharapkan dengan adanya Leadership Training online ini bisa memberi manfaat yang banyak untuk masyarakat Indonesia.

Untuk Batch lainnya, silahkan tunggu informasinya di website Solutiva Academy atau Klik Disini!

Demikian artikel tentang Leadership yang kami sadur dari Detik dan Liputan6 ini, semoga bermanfaat. Cheers!